index:50; width:150px; height:45px;">

Rabu, 13 Juli 2011

Etika Minta Tolong ^_^

Sebagai makhluk sosial yang nggak bisa hidup sendiri, ada kalanya kita butuh pertolongan dari orang lain. Permintaan tolongnya juga bermacam-macam. Mulai dari yang sederhana sampai yang merepotkan.

Makanya, sopan santun meminta tolong, jadi penting! Apalagi kalau kondisinya, kita sering meminta tolong sama sobat, atau sama orang yang jarang berhubungan sama kita. Supaya acara minta tolong ini aman dan nggak menyakiti siapapun, simak tip berikut ini:

Maintain Good Relationship
Jalin hubungan baik sama semua orang. Menegur saat papasan, sms bertanya kabar, ngobrol, atau nongkrong bareng bisa jadi alat komunikasi yang bagus untuk mengakrabkan diri. Kalau hubungan kita dan orang lain sudah terjalin baik, otomatis meminta tolong pun jadi nggak segan lagi.

Be Honest
Ungkapkan terus terang apa yang jadi masalah kita dan dimana letak kesulitan kita. Jangan lupa, ceritakan sudah sejauh mana kita berusaha. Supaya orang tersebut tahu kapasitasnya untuk membantu kita.

Kalau memang dia sosok yang bisa diandalkan, jangan pelit kasih pujian secukupnya (supaya nggak disangka ‘menjilat’). Si penolong pasti akan merasa kalau dia memang berarti buat sekitarnya.

Ask Politely
Namanya juga minta tolong, maka mulailah permintaan kita dengan mengucapkan “tolong.” Selain itu, hati-hati dengan intonasi dan nada suara kita. Ini untuk menghindari anggapan kita bossy dan suka ngatur.

Find the Right Time
Sekali lagi, kesuksesan banyak hal juga ditentukan sama situasi dan kondisi. Pintar-pintar deh, membaca situasi. Kalau orang yang kita mintai tolong lagi bete atau sibuk berat, tahan dulu keinginan kita untuk minta tolong.  Begitu waktunya tepat, baru deh ajukan permintaan tolong kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar