index:50; width:150px; height:45px;">

Rabu, 13 Juli 2011

!! Mitos vs Fakta Cantik !!

Kita pasti punya ritual yang berbeda-beda dalam menjaga dan merawat kecantikan. Selain membaca dari berbagai sumber, kadang “warisan” dari mama juga sering kita praktekkan.

Warisan itu belum tentu semuanya benar. Kadang cuma sekedar mitos atau kepercayaan yang belum terbukti kebenarannya. Nah, daripada bingung mikir salah benarnya, mendingan kita cari tahu, yuk!

Mitos: Air dingin atau es batu baik untuk mengecilkan poripori.
Fakta: Ketika kita membasuh wajah dengan air dingin, otomatis pori-pori akan mengecil. Begitu juga ketika kita membasuh wajah dengan air hangat, maka pori-pori akan sedikit melebar. Namun, hal itu cuma berlangsung saat itu saja. Jadi, lakukan saja perawatan wajah secara teratur dan gunakan masker atau scrub untuk membantu mengangkat sel kulit mati supaya wajah lembut dan cerah.

Mitos: Pasta gigi dapat menghilangkan jerawat.
Fakta: Umumnya pasta gigi mengandung mentol yang bersifat mengurangi peradangan pada jerawat, tapi bukan menghilangkan jerawat. Artinya, jerawat tetap harus dihilangkan dengan menggunakan obat jerawat.

Mitos: Menyikat rambut sesering mungkin bakal bikin rambut kita sehat.
Fakta: Hati-hati, justru rambut kita akan lebih mudah patah dan kulit kepala akan lebih berminyak.

Mitos: Membasahi atau menjilat bibir, bikin bibir selalu lembab.
Fakta: Air liur yang mengandung kelenjar atau enzim, justru dapat membuat bibir kita semakin kering.

Mitos: Menambah olesan lipstik secara berulang sangat hemat dan praktis.
Fakta: Biasakan membersihkan bibir terlebih dahulu sebelum memoles lipstik yang baru, terutama kalau rentang waktunya cukup lama. Soalnya, bisa saja olesan awal tadi sudah tercemar di udara, bercampur debu dan bahkan sisa makanan yang menempel di bibir. Hal ini bisa menyebabkan timbunan bakteri yang juga dapat mencemari lipstik kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar