index:50; width:150px; height:45px;">

Jumat, 15 Juli 2011

Merawat Ketiak

Ternyata permukaan ketiak cenderung berwarna lebih gelap. Karena daerah tubuh yang memiliki lipatan dan sering berada dalam keadaan tertutup mengalami gesekan-gesekan sehingga lebih mudah lembab dan berubah warna.

Meskipun begitu, bila warna ketiak menjadi terlalu hitam bisa menjadi sumber penyakit dan memicu bau tak sedap yang tentunya bikin kita nggak pede.

Untuk menghindarinya, lakukan perawatan berikut:
  1. Gosokkan scrub dengan lembut pada daerah ketiak setiap hari saat mandi.
  2. Perhatikan cara mencukur atau mencabut bulu di ketiak. Karena mencukur atau mencabut bisa menyebabkan pori-pori terbuka lebar yang bisa memicu iritasi. Bila ingin mencukur, pilih pisau cukur khusus wanita yang berkualitas baik, gunakan shaving cream lalu cukur mengikuti arah garis ketiak. Sebaiknya mencukur dilakukan pada malam hari, agar kulit ketiak kembali normal keesokan harinya saat akan memakai deodorant.
  3. Hindari memakai pakaian yang terlalu ketat, karena dapat mengurangi sirkulasi udara pada bagian ketiak, sehingga keringat menempel dan menimbulkan bau tak sedap.
  4. Kurangi mengkonsumsi makanan yang dapat merangsang produksi minyak berlebih.
  5. Pilih deodorant yang mengandung antiperspirant.
  6. Jika ketiak terlanjur hitam atau terinfeksi cukup serius, segera kunjungi dokter kulit untuk mendapatkan perawatan khusus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar